Selasa, 15 Januari 2008

Teknik Menjual, Susahkah?

Menjual merupakan suatu kegiatan yang unik. Banyak orang yang bisa menjual jutaan rupiah, tapi tidak sedikit yang hanya bisa menjual puluhan atau ratusan ribu saja sangat berat.

Dalam melakukapenjualan terlebih dahulu harus mengamati dan mempelajari beberapa hal.
  • Pola Beli (Buying Patterns
  • Konsumsi yang berhubungan dengan produk yang kita jual dan dengan produk pesaing
  • Pahami atau paling tidak coba pahami lingkungan dimana konsumen tinggal. Ini berhubungan dengan perilaku konsumsi.
  • Bahwa barang yang dijual memiliki sesuatu yang beda.

Mengapa kita tidak bisa menjual produk?

Para konsumen memahami bahwa mereka mempunyai pilihan. Mereka memahami bahwa ada banyak produk di luar sana yang bisa dipilih, tetapi tidak tahu bagaimana cara memutuskan.

Jadi ini adalah tugas kita sebagai penjual memberitahu mereka bagaimana dan mengapa harus memilih produk kita.

Jangan Biarkan harga menjadi penentu.

Kalau anda tidak memberitahu konsumen bagaimana memilih, mereka tidak akan memilih atau mereka akan memilih berdasarkan suatu hal yang masuk akal yaitu HARGA.

Jadi anda harus memberikan landasan lain kepada mereka agar mereka memutuskan untuk membeli produk kita. Mereka memiliki hal yang menjadi pertanyaan besar "mengapa saya harus membeli produk anda?"

Tantangan kita adalah memberitahu mereka. Jadi katakanlah mengapa mereka harus membeli dan anda harus memberitahu mereka mengapa harus membeli produk kita setiap saat.

Ada 2 hal yang harus dikatakan:

  1. Basis Intrinsik, adalah keunggulan sebenarnya produk kita
  2. Basis Ekstrinsik, Apakah yang spesial dari produk kita (misal bungkus bisa diaur ulang, tidak menggunakan aerosol yang menggagu ozon dll), Bentuk citra sehingga produk kita memiliki posisi di masyarakat/konsumen.

Jadi kita harus melakukan penjualan yang persuatif. Jika anda tidak melakukan ini maka yang terjadi adalah konsumen tidak mendengarkan kita dan akan mendengarkan teman. Hal itu berkemungkinan konsumen kita pindah ke produk lain.

Jadi, bila anda ingin menjual lebih banyak, berpikirlah tentang konsumen potensial. Cari keinginan mereka dan apa yang mereka butuhkan. Kita akan mengetahui apa yang penting bagi mereka, kemudian kita dapat menjual dengan membicarakan hal itu.

Jadi jangan berpikir tentang kita dan produk kita, tapi pikirkanlah konsumen.

Buat hubungan yang baik dengan konsumen. pada suatu saat pasti konsumen akan bimbang tentang produk kita. Ada pesaing dari kita. Dengan berhubungan baik kemungkinan pindah produk dapat diminimalisir sehingga mereka tidak berganti produk lain.

Apakah memberitahu ke pelanggan/konsumen sudah cukup? "Tidak". Mintalah konsumen untuk membeli produk kita.

Memberitahu bahwa produk kita baik tidak cukup. Tidak ada gunanya walaupun konsumen tahu produk kita bagus ataupun unggul bila tidak ada yang membeli.

Sigit Pramono

http://dbc-network.info/?id=sigit

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello there! I could have sworn I've been to this site before but after reading through some of the
post I realized it's new to me. Anyhow, I'm definitely delighted I found it and I'll be book-marking and checking back often!


Take a look at my weblog: garcinia cambogia extract