Selasa, 08 Januari 2008

Berani, Modal Awal dalam Bisnis, Sudahkah Anda Memilikinya

Take from Menjadi Enterprenur Sukses (Purdi E. Chandra)

Untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses, Ada beberapa keberanian yang harus anda miliki. Miliki dan jadilah anda pebinis yang sukses dan tangguh.

1. Berani Mimpi
Rejeki mengikuti mimpi kita
Rejeki itu bisa direncanakan menurut mimpi kita, dan rejeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita

Seseorang seharusnya takut mimpi karena mimpi toh tidak perlu biaya. Tetapi masalahnya belum tentu semua orang punya keberania untuk bermimpi. Masyarakat pasa umumnya terpaku pada mitos mitos yang mentradisi. Misal kalau mau sukses harus sarjana. Pada kenyataannya cukup banyak yang sukses tanpa gelar. Banyak pebisnis sukses yang memulai mengembangkan mimpinya dari modal nol.

Cth Konkret adalah Bill Gates, yang memiliki mimpi bahwa Personal Computer akan tersedia di setiap rumah. Ia tidak lulus kuliah, tapi berani merealisasikan mimpinya dengan microsoft. Ternyata ia berhasil dan sukses.

Seorang pebisnis harus memiliki keberanian dalam mimpi, Dengan keyakinan, rejeki akhirnya mengikuti mimpi. Rejeki berbanding lurus dengan mimpi.

2. Berani Mencoba
Seandainya berani mencoba, dan kita lebih tekun dan ulet, maka pasti yang namanya kegagalan itu tidak pernah ada.

Orang bukanya gagal, tapi berhenti mencoba. Sesungguhnya seseorang untuk dapat meraih kesuksesan harus punya keberanian mencoba.

Dalam berbisnis, "lihatkah hasil akhir bahwa bisnis kita bakal sukses". Dengan melihat bayangan kesuksesan di masa depan, tentu akan dapat memotifasi kita untuk bekerja lebih giat. Bahkan menjadikan kita bersikap idak untuk putus asa.

Lita harus punya keyakinan, bahwa sesungguhnya seorang itu tidak ada yang gagal dalam bisnisnya. Mereka yang gagal adalah karena dia berhenti mencoba dan berhenti berusaha. Seandainya kita berani mencoba, dan kita lebih tekun dan ulet, maka pasti yang namanya kegagalan tidak pernah ada. Artinya, dengan kita mau berjerih payah dalam berusaha, tentu kita akan menemui keberhasilan.

Sebagai pebisnis harus berani mencoba, sebab tidak ada satupun yang dapat menggantikannya. Berani mencoba itu berhubungan dengan bakat bisnis? Tidak. Sebab orang yang berbakat yang tidak berhasil meraih sukses banyak dijumpai. Bagaimana dengan Kejeniusan? Juga tidak. Sebab kejeniusan yang terpendam sama saja dengan omong kosong. Tergabtung Pendidikan? Juga tidak. Sebab di dunia ini penuh pengangguran yang berijazah sarjana. Dan ternyata....., hanya dengan keberania mencoba itulah yang dapat menentukan kesuksesan bisnis kita.

3. Berani Gagal
Hanya orang yang berani gagal total yang akan meraih keberhasilan total.

Ini adalah pernyataan John F. Kennedy. Dalam kehidupan sosial, kegagalan adalah kata yang begitu tidak enak didengar. Kegagalan bukan sesuatu yang disukai dan kejadian yang setiap orang tidak menginginkannya. Kita gak perlu pungkiri bahwa lebih suka melihat orang sukses, bahkan tidak menyukai orang gagal.

Bila anda gagal, jangan harap orang akan memuji anda. Jangan harap teman dan orang di sekeliling anda akan memahami mengapa anda gagal.

Jangan harap anda tidak disalahkan, jangan harap semua teman masih di sekeliling anda, jangan harap anda masih mendapat dukungan moral dari teman anda. Jangan harap bank atau orang akan meminjami uang sebagai bantuan.

Mengapa kegagalan digambarkan begitu buruk? memang begitulah masyarakat kita. Cenderung memuji yang sukses dan menang, sebaliknya menghujat yang kalah dan gagal.

Maka, apabila anda gagal, maka tidak ada gunanya murung dan memikirkan kegagalan. Tetapi perlu mencari penyebabnya. Dan justru itu merupakan tantangan bagi kita untuk menjalankan lagi usaha yang sedang kita jalani yang mengalami kegagalan. Ambil hikmahnya. Mungkin kegagalan ini datang untuk memuliakan hati, membersihkan pikiran kita dari keangkuhan dan kepicikan, memperluas wawasan kita, serta untuk lebih mendekatkan diri pada uhan. Untuk mengajarkan kita menjadi gagah takkala lemah, menjadi berani ketika takut.

Biasanya orang melakukan kesalahan yang sama. Menganggap kegagalan sebagai musuh kesuksesan. Justru sebaliknya, kita seharusnya menganggap kegagalan itu mendatangkan hasil. Ingat, kita harus yakin akan menemukan kesuksesan di penghujung kegagalan.

Ada beberapa sebab kegagalan, Pertama, kita sering menilai kemampuan diri kita terlalu rendah. Kedua, setiap bertindak kita terpengaruh mitos yang muncul di masyarakat. Ketiga, biasanya terlalu "melankolis" dan suka memvonis diri terlebih dahulu, bahwa kita dilahirkan dengan nasib buruk. Keempat, kita cenderung memiliki sikap tidak mau atau tidak mau tahu dari mana harus memulai suatu bisnis.

Dengan mengetahui penyebab kegagalan, kita akan yakin bisa mengatasinya. Bila kita mengalami sembilan kegagalan dari sepuluh hal yang kita lakukan, maka bekerjalah 10 kali lebih giat. Dengan demikian maka akan menjadikan kita pebisnis yang optimis akan masa depan.


4. Berani Sukses
Seberapa besar rejeki yang kita inginkan, itu sama dengan seberapa besar kita berani mengambil resiko

Hanya segelintir pebisnis yang dapat mencapai tangga sukses. Resepnya, antara lain, bila melakukan kesalahan, mereka melupakan dan terus bekerja, hingga akhirnya mencapai kesuksesan.

Ingat, bahwa semua orang memiliki potensi yang sama untuk sukses, yang setiap saat harus selalu melipatgandakan kepercayaan diri dan bisa menghilangkan penyakit exucitis, penyakit mencari alasan. APakah alasan yang berkaitan dengan kesehatan, intelensia, usia atau nasib. Kita harus selalu berani merubah kegagalan menjadi kemenangan atau kesuksesan.

Sebagai pebisnis, harus senantiasa setiap saat selalu membuka mata dan telinga terhadap suatu kesempatan atau peluang, sebab disamping faktor rejeki, maka peluang itu juga menyangkut faktor nasib kita. Bila kita mampu melakukan hal itu, tidak mustahil kesuksesan dapat kita raih.

Saya yakin, kita semua mendambakan kesuksesan. Sukses berarti banyak hal yang mengagumkan dan positif. Sukses berari kesejahteraan pribadi: rumah bagus, keamanan di bisang keuangan dan kesempatan maju maksimal serta berguna bagi masyarakat/orang lain. Sukses juga berarti memperoleh kehormatan, kepemimpinan dan disegani.

Sebagai pebisnis, harus berani menyatakan dirinya sukses. Dengan keberanian ini, akam membangkitkan kepercayaan diri. Dengan kepercayaan diri yang besar, kita akan lebih bersemangat untuk meraih kesuksesan. Dan sebagai pebisnis sukses yang baik, ia akan siap membantu teman temannya yang memerlukan. Dan mereka semakin percaya pada tuhan sebagai sesuatu kekuatan besar

Sigit Pramono
Ingin memiliki bisnis tapi modal kecil
http://www.dbc-network.info/daftar.php?id=sigit

Tidak ada komentar: